Kamis, 04 April 2013

PEMAHAMAN ILMU HARMONI DALAM MUSIK



Ilmu harmoni adalah salah satu cabang teori musik yang mempelajari cara menyusun, mengkombinasikan dan menggabungkan not-not secara simultan atau serempak. Gabungan not tersebut pada saat didengarkan akan menghasilkan bunyi disebut sebagai akor. Jadi harmoni identik dengan akor (not yang dibangun atau dikonstruksikan).
Ilmu harmoni mempelajari bagaimana merangkai akor secara berturut-turut dan menghasilkan suatu pergerakan dari akor yang satu ke akor yang lain, agar bunyi dalam suatu lagu menjadi selaras dan enak didengar.
  • Not hanya mempunyai arti jika memiliki hubungan dengan not yang lain, sendirian ia tidak berarti.
  • Not yang dihubungkan secara sejajar atau berdampingan disebut sebagai melodi yang digambarkan sebagai dimensi horisontal.
  • Not yang dihubungkan secara tegak lurus disebut sebagai akor yang digambarkan sebagai dimensi vertikal.
Harmoni mengacu kepada aspek musik secara vertikal, yaitu perpaduan beberapa not dalam satu ketukan secara serempak/simultan.
(Menggunakan nada secara simultan dalam rangkaian atau jalinan pergerakan pada suatu lagu sehingga secara keseluruhan, lagu akan terdengar sebagai musik yang selaras dan indah)
PERGERAKAN AKOR (CHORD PROGRESSION)

Progresi akor akan menentukan jiwa, suasana, karakter dan warna musik/lagu secara keseluruhan. Bandingkan pemilihan akor berikut :

0 komentar:

Posting Komentar