Kamis, 04 April 2013

Ilmu Musik

The Circle of Fifth


circle of fifth merupakan konsep yang sangat layak untuk kita ketahui, merupakan salah satu teori favorit yang akan banyak mengungkap rahasia-rahasia pada musik(berlebihan gak sih?) akan ada banyak hal yang dapat kita temui, sebut saja;
common chord progression
tidak dapat dipungkiri bahwa chord progression yang umumnya dipakai berasal dari circle of fifth. ini karena circle of fifth merupakan lingkaran relasi terdekat chord dengan chord lainnya.
ex: root C (c e g), G (g b d)…
triad pada key C(c e g) akan diteruskan oleh triad G(g b d), dan seterusnya…
circle of fifth
circle of fifth

accidental info
circle of fifth dapat menginformasikan tanda accidentals pada setiap key.
ex: key of C -tidak terdapat accidental
key of G -terdapat satu sharp # (F#)
key of F -terdapat satu flat b (Bb)
dan lainnya…dan lainnya… konsep circle of fourth(circle of fifth dibaca berlawanan jarum jam).
circle of fourth akan menginformasikan kita key dengan accidental flat.
berikut merupakan fakta-fakta yang kita temui pada circle of fifth:
-circle of fifth merupakan lingkaran relasi terdekat chord dengan chord lainnya.
-nada diatonik pada key C adalah natural tanpa accidental (C D E F G A B).
-nada diatonik pada key C# menggunakan tanda accidental (C# D# E # F# G# A# B#).
-circle of fifth dapat menjangkau semua note.
-dan masih banyak fakta lainnya, selamat ber-eksplorasi…


Chord Progression


chord progressions merupakan bentuk pergerakan dari satu chord ke chord lainnya.
setiap musik memiliki chord progression, bahkan melodi tanpa chord pun tetap mempunyai chord progression.
The I IV V7 I Progression
ini merupakan progression yang paling sering digunakan. ditemukan pada hampir semua jenis musik dan paling sering dugunakan pada bagian akhir dari lagu atau section.

I IV V progression
I IV V progression
ii V7 I Progression
ini progression lainnya yang sering digunakan, dari pop, country, jazz dan lainnya.

ii V I progression
ii V I progression
iii vi ii V7 I Progression
chord progression lainnya yang sering digunakan, merupakan variasi dari ii V7 I Progression.

ii vi ii V7 I progression
ii vi ii V7 I progression
The 12 Bar Blues
sebut saja; Eric Clapton,Robert Johnson, B.B. King, Stevie Ray Vaughn…mereka adalah orang-orang yang memainkan Blues.
sebagai perkenalan kita tidak akan membahas versi yang mendalam dari 12 bar blues.
12 bar blues dasarnya adalah 12 measure chord progression yang diulang-ualng sampai akhir lagu. walaupun terdapat banyak variasi, tetapi 12 bar blues ini sangat standart. hampir 95% lagu blues mengikuti format ini.

12 bar blues
12 bar blues
circle of fifth
banyak chord progression yang dihasilkan dari konsep ini, bukan hanya itu saja circle of fifth juga akan banyak mengungkap fakta-fakta pada musik.





circle of 5th


Chord Inversions Penggunaan chord inversion akan memberikan warna baru dari chord-chord yang telah kita ketahui namun banyak hal menarik lainnya yang dapat kita temui dari chord inversion seperti penggunaannya untuk chord progression, chord modulation, dan lainnya. tapi sekarang kita hanya akan membahas chord inversion pada dasarnya. Chords yang selama ini kita pakai menggunakan “root position” ,artinya posisi notes dari terendah sampai tertinggi berdekatan teratur. misalnya pada chord C, selama C merupakan note terendah, tidak masalah dimana 3rd, dan 5th diatas root berada; chord tersebut tetap pada root position. berikut adalah 3 versi dari C chord dalam root position:
c chord in root position
c chord in root position Harmoni terbuka dan tertutup harmoni terbuka adalah: ketika chord dibangun oleh notes yang tersebar lebih dari satu octave. harmoni tertutup adalah: ketika chord dibangun oleh notes yang berdekatan (masih satu octave). First Inversion First inversion adalah saat note ke-tiga pada chord menjadi note terendah. untuk menandai chord dengan first inversion cukup dengan menambahkan angka enam di sebelah kanan atas chord, yang artinya interval dari note terendah ke tonic adalah 6. seperti contoh dibawah…I6
first inversion
first inversion
Second Inversion
second inversion adalah saat note ke-lima pada chord menjadi note terendah.
ditandai dengan angka 6per4 setelah chord, yang artinya interval diatas note terendah(6= G ke E, dan 4= G ke C).

second inversion
second inversion
tetapi pada umumnya keterangan tentang inversion tidak akan ditulis, jadi ya harus kira-kira deh.
dalam penggunaannya chord inversion merupakan variasi dari chord aslinya, ini juga tergantung dari instrument apa yang kita gunakan. misalnya pada Gitar yang pada umumnya chord yang dimainkan merupakan chord inversion karena struktur dari instrumen itu sendiri.
pada saatnya nanti kita akan membahas trias over bass note, yang prinsipnya hampir sama dengan chord inversion. hanya saja note terendah yang digunakan adalah bass note yang diluar dari triad…see you



Chord Extension


chord extension merupakan note yang tidak terdapat dalam triad. note extra atau yang ditambahkan. notes ditambahkan kedalam triad untuk mengubah, menambah kualitas cita rasa, bahkan mengubah bagaimana chord tersebut digunakan(seperti dalam chord modulation).
beberapa notes yang ditambahkan kedalam triad adalah: 7ths, 9ths, 11ths,dan 13ths. ini adalah interval yang lebih tinggi dari octave (atau disebut Compound Interval)
jika kita melihat dalam scale, disitu ditunjukkan; note 8 merupakan note yang sama dengan note awal (root). begitu juga note 9 sama dengan note ke-dua dalam sacle hanya saja satu octave lebih tinggi.
chord dengan extension dituliskan dengan angka dari extension disebelah kanan atas Chord; A7, G9, C#11, F Maj7, dan sebagainya. atau dengan angka romawi; V7, IV9, dan sebagainya. angka tersebut memberitahu kita note mana yang ditambahkan dalam triad.
Extension juga dapat di altered untuk mendapatkan tipe atau kualitas chord lainnya.
On to some specifics………

Sevent Chords
Sevent Chord cukup sering digunakan dalam berbagai jenis musik. selain kualitas suara yang dihasilkannya sangat indah. penggunaan sevent chord sangat essential dalam kebanyakan chord progressions.
setiap kita melihat angka 7 pada chord, itu adalah minor 7 diatas root.


sevent chord
sevent chord
The Dominant Sevent Chord
chord dominant sevent merupakan tipe sevent chord yang special… kualitas suaranya mengantarkan kembali ke tonic chord, atau I chord.
dibangun dari bagian ke-lima dari Major key dan memiliki minor seventh.
setiap bagian dari scale mempunyai nama, untuk bagian ke-lima dari scale disebut “dominant”.

dominant chord
dominant chord
Ninth Chords
ninth chords memiliki 5 nada: Root, third, fifth, seventh, and ninth.
seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Kualitas dari chord ditulis sisebelah huruf chord (ex: GM, Gm…), dan extensions dituliskan kecil disebelah kanan atas.(ex: GM7, Gm7…).-tetapi jika kita menginginkan Major 7th terdapat pada chord ninth(ingat bahwa 7th selalu minor), kita harus spesifikasikan sperti; GM7,9 dan Ab+7,9 dibawah.

ninth chord
ninth chord
Other Chords
Eleventh (11th) and Thirteenth (13th) Chords
untuk membangun chord ini sama dengan yang telah kita pelajari sebelumnya. Chords 11th adalah: root(1), third(3), fifth(5), seventh(7), ninth(9), dan eleventh(11).
sedangkan pada Chord 13th terdapat: root(1), third(3), fifth(5), seventh(7), ninth(9), eleventh(11), dan thirteenth(13).

Chord Lainnya
teradapat juga tipe chord lainnya seperti; Neapolitan 6th, suspended 4th, German 6th, half diminished, fully diminished seventh, dan banyak lainnya….atau kita bisa membangun chord sendiri…



Triad


General Chord Info
C, Am, Dm, ke G, ke C lagi……..
nama chord sendiri berasal dari accord, yang artinya harmoni. karena memang chord merupakan harmoni yang dibangun dari note-note.
Chord adalah tiga note atau lebih yang berbunyi secara bersamaan. chord mempunyai beberapa tipe(kualitas) yang dihasilkan dari interval yang terdapat dalam chord.
Triad
triad merupakan kumpulan dari tiga notes yang memiliki tujuan spesifik, Root (1st), a Third (3rd), and a fifth (5th).

triad
triad
Triad dalam Major Key
dalam contoh-contoh berikut kita akan menggunakan C Major Scale. Triad pada masing-masing bagian akan menghasilkan kualitas seperti; Major, minor, atau diminished (hanya terdapat satu diminished chord dalam Major scale).

triad dalam C major
triad dalam C major
Major Triads
seperti sudah disebut sebelumnya bahwa triads menghasilkan kualitas-kualitas spesifik. dalam Major triad kualitas suaranya adalah senang, terang, ceria. “musik adalah bahasa universal”
Major triad memiiliki Major third diatas root dan perfect fifth diatas root.
terdapat tiga Major triad dalam Major key, yaitu bagian pertama, ke-empat, dan ke-lima (I,IV,V).

major triad dalam key of C
major triad dalam key of C
Minor Triads
minor triads menghasilkan kualitas suara gelap, sedih, marah, putus asa…
minor triads memiliki minor third diatas root dan perfect fifth diatas root.
terdapat tiga minor triad dalam Major key, yaitu bagian ke-dua, ke-tiga, ke-enam (ii, iii, vi).

minor triad dalam key of C
minor triad dalam key of C
Diminished Triads
tegang, mencekam…merupakan kualitas suara yang dihasilkan dari diminished triads.
diminished triad memiliki minor third diatas root dan diminished fifth diatas root.
hanya terdapat satu diminished triad dalam Major key, yaitu pada bagian ke-tujuh.
oh ya..jangan lupa menggunakan simbol diminished(‘ o ‘) pada triad diminished.

diminished triad
diminished triad
Augmented Triads
terdapat juga Augmented triad dalam Major key. Augmented triad bukan triad natural, jadi kita akan menambahkan accidental untuk membangun sebuah augmented triad. sedangkan kualitas suara yang dihasilkan; tegang, mencekik leher…
augmented triad memiliki Major third diatas root dan augmented fifth diatas root.
untuk simbol augmented chord menggunakan (‘ + ‘) atau (‘ aug ‘).

augmented triad
augmented triad



I got the Blues


tentunya kita pernah mendengar tentang Blues, they sound cool, are fun to play and easy to learn. Blues juga merupakan salah satu bagian dari musik modern.
seperti scale lainnya, the blues scale juga dibuat dari meng-alter notes dari major scale. notes yang di-alter ini disebut dengan blue note, umumnya blue note in adalah hasil bending dari nada.
The Blues Scale
Standard blues scale juga dikenal dengan minor blues scale. seperti biasa kita akan menggunakan key C untuk memudahkan dari banyaknya accidentals.
turunkan note 3, 5, dan 7 half step, tetapi perfect 5 juga digunakan.

blues
blues
Major blues scale
pada blues juga terdapat major scale, major blues scale merupakan alterasi dari standard blues scale. there is a M2, M3, M6, but no P4, and m7.

major blues
major blues
The Other Scales
Pentatonic scales
seperti namanya penta yang artinya lima, pada pentatonic kita hilangkan 4th dan 7th dari major scale.
banyak digunakan pada jazz, rock, metal, dan lainnya.
Major pentatonic scale

pentatonic
pentatonic
Minor pentatonic scale

minor pentatonic
minor pentatonic
Bebop Scales
bebop merupakan bagian dari jazz yang mengedepankan blinding speed dan virtuosic improvisational solos. ada 3 tipe dari bebop scale: major bebop, minor bebop dan dominant bebop.
Major bebop scale

bebop major
bebop major
Minor bebop scale

minor bebop
minor bebop
Dominant bebop scale

dominant bebop
dominant bebop

Whole Tone scale and the Super Locrian
Yang ini virtuoso, futuristic, atau aneh…(it’s up to you)
jika anda ingin scale dengan suara yang sangat asing. The Whole Tone scale merupakan scale yang dibangun dari whole tones (whole steps), -no half steps. Whole tone

whole tone
whole tone
Super Locrian or Diminished Whole tone;altered

super locrian
super locrian



7 wonder of Modes


modes merupakan salah satu bagian dari musik modern yang banyak digunakan pada hampir semua jenis musik, salsa to jazz, country to rock, fusion to speed metal, dan banyak lainnya.
modes sendiri mempunyai 7 tipe, namun yang umum dan paling sering digunakan ada 2 tipe, yaitu; Ionian mode(Major) dan Aeolian mode (natural minor). the other modes are: dorian, phrygian, lydian, mixolydian, dan locrian.
walau terdengar kompleks namun sebenarnya modes cukup mudah untuk dimengerti. kita akan menggunakan key C yang tidak memiliki accidentals (sharps or flats).
Ionian
yang satu ini pasti sudah kenal, ionian sama dengan C major scale yang telah kita pelajari. masih inget dong dengan pattern whole-half step-W-W-H-W-W-W-H

ionian
ionian
Dorian
mudah untuk menemukan mode dorian. dorian dimulai dari D-D. dorian memiliki ciri suara minor dengan pattern WHWWWHW.

ionian
ionian
Phrygian
phrygian dimulai dari E-E, dengan pattern HWWWHWW. mungkin kita akan mendapatkan suara yang agak eksotis dari phrygian, digunakan pada musik fusion, speed metal, sampai flamenco. patternnya adalah HWWWHWW.

phrygian
phrygian
Lydian
lydian akan terdengar manis, indah, mencerminkan perasaan senang -it’s major. dimulai dari F-F dengan pattern WWWHWWH.

lydian
lydian
Mixolydian
dimulai dari G-G pada key C. it’s rock.. pattern WWHWWHW.

mixolydian
mixolydian
Aeolian
dikenal juga dengan nama natural minor scale, dimulai dari A-A pada key C. suaranya melankolis karena ini minor. WHWWHWW.

aeolian
aeolian
Locrian
ini merupakan mode dengan suara yang asing, sering digunakan pada metal, fusion dan jazz. dimulai dari B-B.

locrian
locrian



Kesedihan pada minor


perasaan kesedihan atau melankolis, terpuruk, penyesalan, perubahan perasaan yang terjadi ini dihasilkan dengan menurunkan half step beberapa bagian pada major scale. -minor key
The Natural Minor Scale
untuk mendapatkan key signature dari natural minor scale cukup mudah; kita cukup menambahkan 3 flats kedalam key signature dari major scale.
ex:
untuk mendapatkan key signature pada F minor, cukup menambahkan 3 flats (; Eb, Ab, Db) dari yang sudah ada (; Bb).

build minor key signature
build minor key signature
Pada key F minor juga terdapat notes yang sama dengan key Ab major. lalu apa bedanya? (pertanyaan yang bagus -tapi siapa yang tanya?). perbedaannya adalah note awal pada scale. Penggunaan note awal (starting notes) akan menentukan nama dan fungsi dari key tersebut.
untuk mendapatkan key F minor (= key Ab major), kita memulai note dari F (note awal) to F, makanya disebut F minor. sedangkan jika kita mulai dari Ab (note awal), ini akan menghasilkan key Ab major, dan begitu seterusnya.
Parallel and Relative Minor Scales
ini bukannya tipe lain dari minor scales, hanya saja cara lain untuk menentukan notes mana yang dimainkan pada minor scale.
Parallel Minor
cukup menambahkan 3 flats ke-key signature kita bisa menemukan parallel minor. disebut parallel karena dimulai dari note yang sama dari major scale-nya.
Relative Minor
pada key A minor kita bisa menemukan key G major, yang menjadikannya adalah starting note (note awal; G pada key G major, A pada key A minor -mereka dalam key signature yang sama, hanya saja berbeda penggunaan note awalnya).
or
jika kita dalam G Major scale, kita akan menemukan E pada note ke-enam. mainkan scale G major, tapi mainkan mulai dari note E-E, that’s it..you’ve got the E natural minor scale yang merupakan Relative minor scale dari major key.
The Harmonic Minor Scale
penggunaan harmonic minor scale pada musik cukup sering. harmonic minor scale adalah natural minor scale yang di-alter (note ke-7 dinaikkan satu setengah (one half) step).
harmonic minor scale digunakan saat kita menginginkan harmoni yang tepat saat menggunakan chord.
untuk menjadikan chord progressions terdengar “benar”, kita membutuhkan half step antara note ke-7 dan ke-8 dari scale, inilah yang dilakukan oleh harmonic minor scale.
note ke-7, jika ia berjarak half step dari tonic maka ini disebut leading tone. disebut leading tone karena ini mengantarkan kita ke tonic.

harmonic minor scale
harmonic minor scale

-do it
mainkan major scale dan stop pada note ke-7. apa yang anda rasakan?…it feels unresolved, unfinished. solusinya kita butuh half step antara note ke-7 dan ke-8 (tonic). inilah yang dilakukan harmoic minor The Melodic Minor Scale
melodic minor scale juga dibangun berdasarkan natural minor key signature denga mengalterasi beberapa notes di dalam scale.
Namun penggunaannya sekarang sangat jarang, tapi ada hal aneh dari scale ini; saat scale ascending (naik) akan berbeda pada saat scale descending (turun). Mungkin ini terjadi karena composer membutuhkan leading note feels saat ascending, tetapi harus menghilangkan half step feels pada saat descending.

melodic minor
melodic minor


Key Signatures


jika pada sebuah lagu dibutuhkan improvisasi(membuat melodi secara spontan), key signature akan memberitahukan pemain instrument, notes mana yang dapat dipakai.
key signature terdapat pada awal musik;antara clef dan time signature.
key signature merupakan alat yang memberitahukan kita note mana yang flats(mol) atau sharp(kres) yang berlaku pada seluruh bagian musik. Setiap key signature mempunyai nama yang sama dengan major scalenya,
ex: key signature dari G mempunyai accidentals yang sama dengan G major scale.
berikut adalah 14 key signatures baik sharps dan flats, rasanya key signatures perlu dihafal karena ini sangat penting dalam penggunaannya dalam musik.

flat key
flat key
sharp key
sharp key



Major Scales



“without music, life would be a mistake”- Nietzche

The Major Scale
major scale mungkin hampir sama dengan DNA pada tubuh kita, karena merupakan dasar dari semua musik yang kita kenal sekarang ini, sebut saja; classical, jazz, punk, dangdut, metal, all of it.
semua scale dideskripsikan berdasarkan hubungan mereka dengan major scale. masih ingat sama scale?, so here it is again: sekumpulan berseri dari nada musikal baik meningkat atau menurun yang berdasarkan interfal spesifik mereka.
major scale merupakan seri dari interval whole dan half steps, sedangkan pada chromatic scale intervalnya adalah half steps. next, The C Major Scale
The C Major Scale
untuk half dan whole steps kita akan menggunakan gambar berikut sebagai referensi.
seperti yang dapat kita lihat diatas, pattern untuk C major scale adalah: whole, whole, half, whole, whole, whole, half (wwhwwwh). sepertinya kamu harus mengingat ini, karena ini akan berlaku pada semua major scale and it’s the rule.

c major scale
c major scale

Scales dengan accidentals
F Major Scale
ada juga scales yang membutuhkan alterasi pada note-nya agar sesuai dengan rule major scale. contohnya pada F major scale, untuk mendapatkan half step pada note ke-tiga dan ke-empat kita akan meng-alter note B menjadi Bb dengan menurunkan setengah nada.
so it would be:
F G A Bb C D E
f major scale
f major scale
G Major Scale
begitu juga pada G major scale, kita akan meng-alter note F dengan menaikkan setengah nada untuk mendapatkan interval half step pada note ke-enam dan ke-tujuh.

g major scale
g major scale

Intervals


“my idea is that thre is music in the air, music all around us; the world is full of it, and you simply take as much as you require” -Sir Edward Elgar
Basic Intervals
interval adalah jarak antara dua nada. biasanya direpresentasikan dengan angka dari 1 sampai 13, penggunaan angka lebih besar juga dimungkinkan.
basic intervals sendiri dibagi menjadi 2 tipe:
harmonic interval; 2 notes atau lebih yang berbunyi secara bersamaan.
melodic interval; 2 notes atau lebih yang berbunyi setelah notes lainnya.

interval types
interval types

Interval Quality

interval mempunyai kualitas-kualitas unique-nya; perfect, major, minor, diminished, dan augmented.
Perfect Interval “P”
are:

perfect intervals
perfect intervals
disebut perfect bukannya tanpa alasan, ini karena kualitas dari suara yang mereka hasilkan, vibrasi yang mereka hasilkan, yang secara matematika elegan (it’s true…matematika bisa membuktikan teori keindahan ini).
Major Intervals “M”
are:

major intervals
major intervals
Altering Perfect Intervals
perfect interval dapat dinaikkan atau diturunkan (altered), yang nantinya akan mengubah kuailtasnya.
-this is the rule-
perfect interval yang diturunkan half step akan menjadi diminished interval.
perfect interval yang dinaikkan half step akan menjadi augmented interval.

altering perfect intervals
altering perfect intervals
Altering Major Intervals
sama seperti altered perfect interval, major interval bila dinaikkan atau diturunkan half step akan mengubah kualitas intervalnya.
-this is the rule-
major interval yang diturunkan half step akan menjadi minor interval.
major interval yang dinaikkan half step akan menjadi augmented interval.

altering major interval
altering major interval
seperti yang sudah disebut sebelumnya, basic interval memiliki nama dan kualitas suara unik dari setiapnya. tabel berikut ini sangat penting saat kita mencari interval pada key-key lainnya. ada baiknya kalau kita menghafalnya (baik nama dan kualitas suaranya).

interval step
interval step

interval step2
interval step2



Ssssstt!


“Sunyi itu indah”
diam pada musik itu sama pentingnya dengan bunyi, kita sebut saja dengan Rests.
Lama dan nama rest sama seperti note. Untuk saat ini haya 3 rests(tanda diam) yang akan kita pelajari yaitu: whole(penuh) rests, half(1/2) rests, quarter(1/4) rests.
rests
rests



Tempo


Musik bisa menjadi keras atau lembut, notes bisa pendek atau panjang atau diantaranya; ungkspsn mudik bids manis atau seram, tenang atau riang;
Informasi ini dibutuhkan pemain instrumen, dan sialnya kebanyakan dari ini ditulis dalam bahasa Italia.
–begini sejarahnya–
“kita kembali ke abad 15, pada saat itu musik sangat berkembang disana, dan banyak pemusik menghasilkan karyanya. Dan saat mereka menuliskannya mereka menggunakan bahasa Italia(kenapa? karena mereka orang Italia)”

tempo
tempo

Tempo
untuk lebih memahami tempo, let me introduce the mucisians enemy; namanya Metronome(alat penjaga tempo dengan hitungan beats per menit), konon metronome sangat dibenci oleh para musisi karena sulitnya para musisi untuk menyesuaikan permainan mereka dengan waktu. Tetapi fungsi dari metronome sangatlah krusial untuk musisi.





Meter/Time signature/Birama


“Waktu yang di organisir”
Pada setiap awal dari musik kita akan menemukan apa yang disebut Time signature yang akan memberikan kita informasi tentang musik yang akan kita mainkan.
Time signature akan memberitahukan berapa banyak beats dalam setiap measure. Time signature juga memberitahukan kita note mana yang mendapat satu beat.

meter
Add caption
meter

Time signature sendiri ada beberapa jenis, tapi yang umumnya dipakai adala: 4/4, 3/4, dan 2/4.
lalu apa maksudnya angka-angka tersebut? Angka diatas
angka diatas memberitahukan kita berapa banyak beats pada setiap measurenya. OK, berikut adalah contohnya.
dalam 4/4, akan ada 4 beats didalam setiap measurenya; dalam 3/4, akan ada 3 beats didalam setiap measurenya;
dalam 2/4, akan ada 2 beats didalam setiap measurenya.

2/4
2/4
Angka dibawah
angka dibawah memberitahukan kita note mana yang dapat satu beat(bingung yah?). nih contohnya.
dalam 4/4, kita sudah tahu kalau ada 4 beats di setiap measurenya, maka setiap beatsnya itu bernilai notes 1/4.
ada beberapa angka dibawah yang sering digunakan, misalnya; 4, 2, dan 8.



You got rhythm


The Beat
Beat begitu erat dengan musik dan sangat mudah dirasakan. Kita menggerakkan kaki, kepala, tangan, atau yang lain saat mendengar musik, ya..anda baru saja merasakan beat pada musik.
“beat cepat pada musik bisa membuat denyut jantung dan nafas mencepat, dan beat lambat dapat membuat denyut jantung dan nafas melambat”

The Notes.

Untuk awal cukup 3 notes yang harus diketahui. dari paling panjang ke paling pendek adalah(kita lagi ngomongin apa sih?..jangan yang lain yah)

notes
notes




Clef


apakah clef itu?
Clef adalah simbol yang digunakan pada awal staff yang tujuannya memberitahukan pembaca note pada baris staff.
Clef sendiri ada beberapan jenis:
C clefs
Treble clef
Bass clef
rhythm clef(percussion clef)
Namun hanya 3 jenis yang umum dipakai yaitu Treble clef, Bass clef, dan Rhythm clef.
The Clef
beberapa clef lebih sering digunakan dari yang lainnya.
misalnya C clef yang tidak lagi sering digunakan, kecuali oleh pemain biola dan kadang pemain trombone dan bassoon.
Mungkin namanya sendiri diambil dari bentuknya yang seperti huruf C (iya apa..?). Clef C sedikit berbeda dari clef lainnya karena merupakan clef yang bergerak. Maksudnya nama clefnya berbeda tergantung pada baris mana clef tersebut(Ahh..I hate this clef).
(Ahh.. my favorite) yap it’s Treble Clef
ini adalah clef yang paling sering digunakan, biasanya dipakai pada instrumen dengan nada tinggi ex:guitar

treble clef
treble clef
Bass Clef
biasanya digunakan pada instrumen dengan suara rendah.
Ada juga instrumen yang menggunakan treble dan bass clef seperti piano, organ, synthesizer, dll ini karena mereka memiliki jarak yang lebar dari nada rendah sampai tinggi.

bass clef
bass clef
Rhythm Clef
Biasanya instrumen yang menggunakan clef ini tidak mempunyai nada yang jelas. ex: drum set, perkusi, ya..apa saja lah yang dipukul berbunyi(include your enemy).

rhythm clef
rhythm clef




Nama pada note


“Setiap darinya adalah unik, dan terdengar indah”
Alpabet pada musik
kita nggak akan menemukan “H” di musik, tau “Z”, atau huruf lainnya selain A-B-C-D-E-F-G. it’s the rules.
tapi kenapa ada banyak note pada piano, gitar, dan alat musik lainnya. OK. itu hanyalah pengulangan dari 7 note yang ada.
alpabet pada musik
alpabet pada musik
ingat leger lines?
berikut adalah contoh dari leger lines dengan note dibawah staff.
note pada leger line
note pada leger line

1 komentar: